Ikan Tongkol Asam Padeh, Sedap Nikmat Jika Diolah Segar

6 Nov 2016

Asam padeh adalah istilah bahasa Padang yang kalau di-Indonesiakan menjadi asam pedas. Di Sumatera Barat jenis kuah ini sangat populer. Sedangkan protein olahan yang paling populer dengan kuah ini adalah ikan tongkol.

Tongkol, tongkol como, tongkol komo, atau tongkol kurik (Euthynnus affinis) adalah sejenis ikan laut dari suku Scombridae. Terutama menjelajah di perairan dangkal dekat pesisir di kawasan Indo-Pasifik Barat, tongkol merupakan salah satu jenis ikan tangkapan yang penting bagi nelayan.

Walaupun agak belibet kalau baca penjelasan dalam sumber, pada prinsipnya ikan tongkol adalah ikan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti mencegah anemia, mencegah ejakulasi dini dan bisa menyembuhkan rematik. Tapi semuanya tentu saja ada syaratnya.

Sebagai ikan yang didapatkan dari lautan, ikan jenis ini harus dinikmati saat masih segar. Kalau tidak, bisa mengalami seperti yang saya alami: keracunan ikan tongkol.

Jadi suatu hari saya makan ikan tongkol asam padeh di sebuah rumah makan Padang di seberang kantor. Waktu dimakan, ikan ini terasa aneh di lidah. Agak asam-asam gimana gitu. Alhasil ikan itu tidak habis saya makan.

Selang sejam setelah makan tubuh saya langsung bereaksi. Kulit memerah, gatal-gatal, pusing dan perut sakit melilit. Saya pun izin pulang. Di dalam taksi saya nyaris jumpalitan menahan sakit perut. Akhirnya karena tak tahan saya pun muntah. Setelah muntah badan terasa agak enakan. Sesampainya di rumah saya pun langsung minum teh tawar dan air kelapa muda. Lalu saya pergi beristirahat.

Dari hasil browsing di internet, saya mengalami gejala keracunan. Lalu apakah setelah kejadian itu saya kapok makan ikan tongkol asam padeh? Tentu tidak. Jika ikannya segar dan diolah dengan benar rasanya maknyus sekali.

Ternyata cara membuatnya juga tidak sulit-sulit amat. Begini resep ikan tongkol asam padeh.

Bahan:

500 gram Ikan Tongkol

3 sendok makan Air Jeruk Nipis

Minyak untuk menumis

Air secukupnya

Bumbu asem padeh:

3 buah Asam Kandis

2 ruas jari Lengkuas, kemudian anda keprak

3 lembar Daun Salam

3 lembar Daun Jeruk

2 batang Sereh, kemudian anda keprek bagian putihnya (atau anda iris halus bagian putihnya)

2 butir Kapulaga

1 lembar Daun Kunyit, kemudian anda sobek-sobek

Bumbu yang dihaluskan:

300 gram Cabai giling

8 butir Bawang Merah

5 butir Bawang Putih

2 ruas jari Jahe

2 buah Kemiri

Garam secukupnya

Cara membuat:

Pertama-tama bersihkan ikan tongkolnya, buang insangnya, kemudian beri air jeruk nipis dan sisihkan.

Kemudian tumis semua bumbu dengan sedikit minyak hingga harum, lalu tambahkan air, masak hingga mendidih dan kuahnya sedikit mengental.

Setelah itu masukkan ikan dan kecilkan api kompornya, masak hingga ikan matang dan airnya menyusut.

Hmm, sedap ya!

 

Postingan ini diikutsertakan dalam lomba blog Jelajah Gizi 2016

 


TAGS jelajah gizi 2016


-

Author

Simple. Loves to write, travel, watch movies.

Search

Recent Post